TEST
ENTER

Anda rindu ingin membagikan berkat berupa renungan atau kabar gembira atau kesaksian pribadi? Kirim ke pdairhidup@gmail.com
POSTED BY Persekutuan Doa Air Hidup on 12.02 under


"Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberiNya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh". (Markus 3:17)

Kalau kita mempelajari Alkitab dari Perjanjian lama dan Perjanjian baru kita akan menemukan bahwa ada beberapa nama pribadi seseorang diganti oleh Tuhan. Di Perjanjian lama misalnya Abram dirobah menjadi Abraham dan Yakub dirobah menjadi Israel dll. Kemudian juga di Perjanjian Baru, seperti dalam nas renungan kita hari ini, ada juga nama pribadi yang dirobah oleh Tuhan yaitu: Simon, namanya diubah menjadi Petrus, yang artinya batu karang. Yakobus dan Yohanes saudaranya, nama mereka dirobah menjadi Boanerges, yang artinya anak-anak guruh.

Tentu kita bertanya mengapa nama mereka dirobah, ada apa dibalik itu semua ? Kalau kita berbicara tentang "guruh" selalu berbicara tentang sesuatu yang dahsyat atau hal-hal spektakuler. Makna dibalik semuanya ini adalah Tuhan ingin menjelaskan kepada kita bahwa hidup orang kristen adalah hidup yang membawa pengaruh positip yang besar. Dimana pun orang yang percaya Yesus Kristus berada, mereka mampu menjadi saluran berkat Tuhan, menegakkan kebenaran dan memberi pengaruh positif pada lingkungan. Hubungan yang tadinya retak, egois dan penuh dengan pertengkaran/permusuhan, menjadi suatu hubungan yang harmonis, ada kasih, rela berkorban, ada belas kasihan, saling tolong menolong dan saling memaafkan dll.

Berkaitan dengan penggantian nama Yakobus dan Yohanes sebagai anak-anak guruh mari kita melihat beberapa alasannya.

Pertama. Karena mereka adalah pribadi-pribadi yang merindukan perkara sorgawi. (Matius 20:20-28 dan Kolose 3:1-2) Dalam hal mengikut Yesus, mereka berdua memiliki motivasi yang sangat mulia, yang Tuhan ketahui ada dalam diri mereka. Mereka tidak hanya memiliki kerinduan akan hal duniawi, tidak sekedar menjadi murid yang baik dan diberkati, tetapi mereka juga mempunyai kerinduan yang sangat besar akan hal-hal sorgawi yaitu antara lain tentang perkara-perkara yang Tuhan pikirkan, rencanakan, inginkan dan lain lain. Ini adalah pelajaran penting bagi kita, dalam hal mengikut Tuhan Yesus. Tuhan tahu isi hati dan motivasi kita percaya kepadaNya, apakah sekedar minta berkat atau kita hidup untuk menyenangkan hatiNya dan memuliakan namaNya.

Kedua. Karena mereka rela kehilangan segala-galanya demi Yesus Kristus. (Matius 4:21-22) Setiap orang yang rela kehilangan segala-galanya, antara lain harta bendanya, keluarganya, pekerjaannya, teman-temannya demi Yesus, maka dia pasti akan menerima sesuatu yang lebih berharga dari Tuhan. 

Ketiga. Karena mereka mengasihi Tuhan (Yohanes 13:23). Mereka memegang dan melakukan perintah dan kehendak Tuhan, menjalin hubungan yang karib dengan Tuhan, sehingga merekapun dikasihiNya. Sehingga Tuhan dengan perantaraan Roh Kudus menyatakan diriNya kepada mereka dan memberitahukan akan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi (Yohanes 14:21), sehingga mereka dapat menuliskan bagi kita umatNya, tentang peristiwa atau hal-hal di masa yang akan datang, yang sebenarnya mereka tidak ketahui. (Wahyu 1:-3)

Keempat. Karena mereka setia mengikut Tuhan sampai akhir hidupnya. (Kisah Para Rasul 12:1-2) Harus diingat oleh setiap kita bahwa memang langkah awal adalah sesuatu yang baik, tetapi langkah akhirlah yang menentukan. 

Doa kami:

Ya Tuhan Yesus, kami mau mengikuti teladan daripada rasul-rasulMu agar kami dapat menjadi pengikutMu yang membawa pengaruh positip bagi orang-orang disekeliling kami. Amin
0 comments so far:
-->

Copyright 2012 Persekutuan Doa Air Hidup | Halaman ini adalah ruang maha kudus Tuhan, dimana kita menikmati hadiratNya, firmanNya, kasihNya, kuasaNya, berkatNya, didikanNya, pimpinanNya, penghiburanNya, perlindunganNya dan segalaNya. Jadi bukanlah halaman untuk berbinis atau segala macam bentuk kegiatan duniawi. Tuhan berkati. Amin