Pengumuman

Selamat Datang di Blog Persekutuan Doa Air Hidup.


Tuhan Yesus Memberkati.
ENTER

Anda rindu ingin membagikan berkat berupa renungan atau kabar gembira atau kesaksian pribadi? Kirim ke pdairhidup@gmail.com
POSTED BY Persekutuan Doa Air Hidup on 05.42 under


“Memulai pertengkaran  adalah seperti membuka jalan air ; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai”. (Amsal 17:14)





Membuka jalan air dalam nas tsb diatas maksudnya adalah membuka pintu air suatu bendungan. Kalau kita membuka pintu air bendungan dg sembanrangan maka akibatnya akan sangat merugikan diri sendiri dan orang banyak.
Contoh : ada tiga orang mabuk di Vietnam, berulah dengan membuka pintu air di sebuah bendungan yg dibangun th 2015 di provinsi Phu Yen, wilayah selatan Vietnam. Akibatnya, sekitar dua jutaan kubik air mengalir dan menghancurkan tanaman di dua desa. Padahal bendungan itu sebenarnya dimaksudkan utk menampung air hingga 10 juta kubik air utk mencegah banjir dimusim hujan dan menyediakan irigasi bagi petani. Pejabat setempat mengatakan bahwa akibat ulah yg tak bertanggung jawab itu, beberapa hektar tanaman tebu dan ribuan ton tanaman lainnya hancur tersapu air.

Demikian juga akibat memulai pertengkaran juga sama menyengsarakannya & merugikannya dg akibat membuka pintu air bendungan. Untuk itu hikmat Tuhan yg diberikan kepada penulis kitab Amsal dalam nas tsb diatas menasihatkan kita bahwa sebelum terjadi pertengkaran, lebih baik kita mundur/diam/mengalah dan tidak bertengkar.

 Seperti kita ketahui, dalam menjalani kehidupan ini, kita orang-orang yang percaya kepada Tuhan, tentunya sering mengalami pelbagai perbedaan pendapat, yang  jikalau tidak di selesaikan secara sabar, bijaksana & kerendahan hati ; maka akan menjadi suatu pertengkaran, lalu akan muncul kata-kata dan sikap yang kasar/kotor, atau bahkan saling menyakiti/memukul, kemudian akan menjadi suatu permusuhan, dan akhirnya akan timbul dendam dan kebencian. Jadi benarlah firman Tuhan dalam nas tersebut diatas bahwa memulai pertengkaran  adalah seperti membuka jalan air ; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai

Kita sebagai umat Tuhan yang taat dan setia pada firmanNya, harus menghindari hal itu sejak dini, sehingga kerukunan dan kedamaian bisa terpelihara dalam hidup kita dan diantara kita, keluarga & saudara serta sesama kita. Maka  dengan demikian akan terjadilah dalam hidup kita seperti apa yang dikatakan oleh  firman Tuhan yaitu ......Kesanalah Tuhan akan memerintahkan berkat & kehidupan untuk selamanya. (Mazmur 133:1-3)
 
Ingatlah bahwa kemarahan dapat berkembang menjadi suatu bahaya yang merusak tubuh kita, misalnya tekanan darah kita akan naik tinggi, dan kalau melewati batas tertentu, maka kita akan bisa terkena stroke dan bahkan kematian. Jadi ketika kita menghadapi perbedaan pendapat atau pertengkaran, maka berhentilah & undurlah sejenak, mungkin kita bisa minum air yang sejuk dulu dan berpikir dengan tenang terlebih dahulu..dll Kemudian setelah itu barulah kita tanggapi semuanya itu dengan hati yang tenang, sabar dan kepala/otak yang dingin, yaitu secara bijaksana &  penuh kerendahan hati. Sebab mungkin saja pendapat kita itu yang salah, dan sebaliknya pendapat lawan bicara kita itulah yang benar. Dengan demikian kita juga akan terhindar dari kesalahan yang akan merugikan kita atau yg akan menyengsarakan kita & orang lain.

Ada suatu contoh/perumpamaan kecil yang menarik untuk kita perhatikan: Korek api memiliki kepala tetapi tidak memiliki otak, oleh sebab itu setiap kali terjadi gesekan kecil, maka korek api langsung terbakar. Sebaliknya kita adalah makhluk yang memiliki kepala & otak, oleh karena itu janganlah kita mau bereaksi seperti korek api.
 
Maka ketika ada gesekan atau perbedaan pendapat atau hal-hal yang menjengkelkan, maka janganlah hati dan kepala/otak kita menjadi cepat panas, tetapi sebaliknya cobalah untuk minta waktu untuk beristirahat sejenak atau pergi ke toilet sebentar, dan mencuci/basuh muka kita supaya agak segar; kemudian bereaksi-lah dg tenang & sabar, berusahalah utk berdamai/mengalah; maka semuanya akan berlalu.
Firman Tuhan mengatakan bahwa lebih baik kita cepat mendengar tetapi lambat berbicara dn juga lambat untuk marah. (Yakobus 1:19) Sebab pertengkaran adalah seperti membuka jalan air, dan ketika debit air sungai meningkat hebat, maka bendungan yang kuatpun dapat jebol karenanya.


Doa kami :
Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk dapat selalu menjadi orang panjang sabar, rendah hati dan lemah lembut. Amin.
0 comments so far:
-->

Copyright 2012 Persekutuan Doa Air Hidup | Halaman ini adalah ruang maha kudus Tuhan, dimana kita menikmati hadiratNya, firmanNya, kasihNya, kuasaNya, berkatNya, didikanNya, pimpinanNya, penghiburanNya, perlindunganNya dan segalaNya. Jadi bukanlah halaman untuk berbinis atau segala macam bentuk kegiatan duniawi. Tuhan berkati. Amin