Pengumuman

Selamat Datang di Blog Persekutuan Doa Air Hidup.


Tuhan Yesus Memberkati.
ENTER

Anda rindu ingin membagikan berkat berupa renungan atau kabar gembira atau kesaksian pribadi? Kirim ke pdairhidup@gmail.com
POSTED BY Persekutuan Doa Air Hidup on 05.59 under


“Buatlah kami bersukacita seimbang dg hari-hari Engkau menindas kami, seimbang dg tahun-tahun kami mengalami celaka”. (Mazmur 90:15)



Setiap manusia yang masih hidup didalam dunia ini memiliki sederetan kebutuhan. Kebutuhan manusia itu sangat kompleks sifatnya. Tapi kalau kita membaca berbagai literatur, maka kita akan mendapatkan suatu gambaran bahwa kebutuhan manusia secara umum adalah menyangkut : Kebutuhan jasmani/materi dan kebutuhan rohani/spiritual, termasuk bekerja, berusaha, bergembira, berdukacita, bersosialisi/berkomunikasi dg sesama dan juga dg Tuhan.

Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, setiap manusia memiliki situasi dan pemahaman yang berbeda dalam hal menentukan skala prioritas kebutuhan. Ada yg lebih mementingkan kebutuhan  jasmani atau kehidupan duniawi saja. Tetapi ada juga yg lebih mementingkan kehidupan spiritual atau kehidupan rohani saja dll. Dan untuk semuanya itu, mereka diberi kekebasan oleh Tuhan untuk menentukan kebutuhan mana yang prioritas.

Ada seorang yang terlalu memprioritaskan hal-hal jasmani/materi atau duniawi saja, sehingga hidupnya berkelimpahan dan sangat sehat dll. Tetapi ketika dia sudah lanjut sekali usianya, dia ternyata tidak bisa menikmati hidupnya itu, dia berdoa kepada Tuhan, minta/ingin mati saja. Kenapa demikian? Sebab semua sahabat-sahabatnya, anak-anaknya dan beberapa cucunya juga sudah mati. Yang masih ada hanya buyut-buyutnya saja yg tidak atau kurang mengenalnya. Dia ditinggalkan di panti jompo kesepian, sendirian dan tidak ada lagi kesukaan dalam hidupnya.  Sekarang dia sangat menyesal bahwa dia telah menjalani hidup yg terlalu sehat. Mengapa dia dahulu selalu diet dg ketat dan tidak memakan makanan yg dia sangat sukai misalnya, ice cream, pizza atau makanan yg lezat lainnya, meskipun mengandung banyak lemak, gula dll yg dapat membuat tubuhnya menjadi gemuk dan tidak sehat. Akibatnya dia tidak bisa mengucap syukur atas umur panjang yg Tuhan berikan kepadanya. Itulah kesaksian dari seorang wanita Kristen sudah berusia 110 th lebih, yg tinggal di suatu panti jompo di Amerika.

Tetapi sebaliknya ada juga yg hidupnya terlalu rohani/spritiual, tidak mementingkan kehidupan duniawi dan mengasingkan diri di biara. Untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari, dia hidup hari demi hari saja, tidak mau bersosialisi & bergaul dg masyarakat sekelilingnya, mengabaikan pekerjaan dan tanggung jawabnya, juga tidak berkumpul & bergaul dg anak-anaknya, cucu-cunya dan sahabat-sahabatnya. Sampai-sampai ketika istrinya atau anaknya matipun dia tidak mau menghadirinya. Maka akibatnya juga serupa dg wanita tersebut diatas, dia juga akan merasa kesepian dan tidak lagi kesukaan lagi dalam hidupnya.  

Jadi, seperti yg telah dihikmatkan Tuhan kepada Musa yg menulis kitab Mazmut 90:1 bagi semua kita umatNya, bahwa “Yang perlu kita minta kepada Tuhan adalah, agar Tuhan memberikan kepada kita sukacita, seimbang dg hari-hari Tuhan menindas kita, seimbang dg tahun-tahun kita mengalami celaka”. (Mazmur 90:15)  Agar dengan demikian nampaklah/nyatalah pekerjaan & kemuliaan Tuhan bagi semua kita umatNya. Dan juga agar nampak/nyata kemurahan Tuhan menaungi kita, dan juga agar nampak/nyata bahwa Tuhan berkenan atas pekerjaan yg kita lakukan dalam hidup kita ini. (Mazmur 90:16-17)

Jadi idealnya, adalah hiduplah seimbang secara jasmani maupun rohani. Janganlah hidup terlalu jasmani/duniawi sampai kita meninggalkan atau melupakan Tuhan, supaya hari Tuhan jangan dg tiba-tiba jatuh atas diri kita dan mendadak kita mati binasa. (Lukas 21:34) Sebaliknya juga janganlah hidup terlalu rohani sampai kita mengabaikan segala kewajiban kita dan tanggung jawab kita sehari-hari. Sebab Tuhan juga akan membawa setiap perbuatan kita yg tidak bertanggung jawab kepada keluarga, saudara & sesama, ke pengadilan yg berlaku atas segala sesuatu yg tersembunyi, entah itu baik , entah itu jahat. Yang terutama perlu kita perhatikan dalam menjalani hidup yg seimbang di dunia ini, adalah takutlah akan Tuhan dan selalu berpegang pada firmanNya & perintahNya !
 (Pengkhotbah 12:13-14)


Doa kami:
Tuhan Yesus, ajarlah kami ya Tuhan menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yg bijaksana dalam menjalani hidup kami. Amin


0 comments so far:
-->

Copyright 2012 Persekutuan Doa Air Hidup | Halaman ini adalah ruang maha kudus Tuhan, dimana kita menikmati hadiratNya, firmanNya, kasihNya, kuasaNya, berkatNya, didikanNya, pimpinanNya, penghiburanNya, perlindunganNya dan segalaNya. Jadi bukanlah halaman untuk berbinis atau segala macam bentuk kegiatan duniawi. Tuhan berkati. Amin