Pengumuman

Selamat Datang di Blog Persekutuan Doa Air Hidup.


Tuhan Yesus Memberkati.
ENTER

Anda rindu ingin membagikan berkat berupa renungan atau kabar gembira atau kesaksian pribadi? Kirim ke pdairhidup@gmail.com
POSTED BY Persekutuan Doa Air Hidup on 06.01 under


“Enak tidurnya orang yg  yg bekerja,baik dia makan sedikit maupun banyak. Tetapi kekenyangan orang orang kaya sekali-kali tidak membiarkan dia tidur”. (Pengkhotbah 5:11)



Sadarkah kita bahwa selain bekerja, berusaha, bergaul atau berekreasi atau bergembira, ternyata ada hal lain yg juga penting bagi kondisi/kwalitas kehidupan kita. Apakah itu ?
Ternyata “tidur” juga adalah merupakan suatu hal yg penting bagi kehidupan kita sebagai manusia. Dan kita perlu memperhatikannya. Karena kalau kita kurang tidur setiap harinya, maka selain kondisi kesehatan kita tidak baik, tetapi juga kondisi/kwalitas kehidupan kita tidak baik. Demikian juga sebaliknya kalau kita kurang tidur maka kondisi kesehatan kita tidak baik dan juga kondisi/kwalitas kehidupan kita tidak baik.

Dalam suatu penelitian di Clinic Sleep Center di La Jolla California, Amerika; ditemukan bahwa tidur dapat mempengaruhi panjang dan pendeknya umur seseorang. Mungkin lamanya tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah sekitar 6 sampai 8 jam sehari, sedangkan untuk anak-anak adalah sekitar 9 sampai 10 jam sehari. Kalau tidurnya kurang atau lebih lama dari itu, maka keduanya akan berdampak buruk bagi tubuhnya dan juga kondisi/kwalitas kehidupannya. Seandainya seorang dewasa sering kurang tidur (misalnya kurang dari 4 aray 5 jam setiap harinya), maka umurnya akan cenderung jadi lebih pendek daripada orang yang tidurnya sekitar 6 atau 8 jam sehari. Tetapi sebaliknya kalau orang kelebihan tidur setiap harinya, maka umurnya juga cenderung akan jadi lebih pendek.
Kekurangan atau kelebihan tidur membuat kita sulit berkonsentrasi, stress, bimbang, cemas, takut, muncul perasaan sensitif yang berlebihan, malas bergerak atau berolah raga, dan menimbulkan kegemukkan serta berbagai macam penyakit dan komplikasinya.

Dari suatu penelitian di Amerika saja sepanjang tahun 2008, ternyata ada banyak orang-orang disana yg meminum obat tidur lebih dari 50 juta butir pil tidur dan membelanjakan uangnya lebih dari 600 juta US dollar untuk beli obat supplemen yang bisa mempercepat kantuk. Dari uraian tersebut diatas, kita dapat mengerti bahwa sungguh perkara "tidur" bukanlah suatu masalah yang sepele.
Ada suatu contoh lainnya : Seekor tikus percobaan dalam laboratorium yang terus-menerus dipaksa bangun, akhirnya tikus tsb mati setelah 2 minggu. Ini adalah waktu yang jauh lebih pendek, apabila dibandingkan dengan tikus yang dibiarkan mati kelaparan.

Oleh sebab itu, dalam Alkitab ada banyak disebut-sebut tentang tidur. Salah satunya misalnya : Oleh hikmat Tuhan, penulis kitab Pengkhotbah telah menulis : Enak tidurnya orang yg yg bekerja,baik dia makan sedikit maupun banyak. Tetapi kekenyangan orang orang kaya sekali-kali tidak membiarkan dia tidur. (Pengkhotbah 5:11) Kenapa demikian ? Karena dg bertambah hartanya/kekayaannya, bertambah banyak pula orang yg menghabiskannya.
Ada suatu kisah sejati: Ada seorang suami , dia seorang umat Tuhan. Dia berhasil dan sukses dalam usahanya dan hartanya banyak sekali. Tetapi dia kurang memberikan perhatian & kasih sayang kepada istrinya yg juga adalah seorang kristen. Dia memberikan kebebasan kepada istrinya boleh menggunakan uang dg tidak dibatasi oleh dirinya. Meskipun awalnya si istri bisa memuaskan & menikmati berbagai keinginannya dg kesibukkan berbelanja, bersenang-senang, ber-pergian setiap hari dll ; tetapi ketika kembali berada sendirian di rumah, si istri selalu merasakan seolah-olah ada sesuatu yg kurang/kosong dan tidak ada damai sejahtera dalam hatinya. Itulah sebabnya si istri meskipun dg uang yg berlimpah, tetapi dia tidak merasa bahagia sama sekali. Lama kelamaan dia menjadi seorang istri yg sering sakit-sakitan yg tidak kunjung sembuh. Lalu akhirnya, dia jadi seorang yg sering tertekan, sulit tidur, takut, bimbang, kuatir, cemas dan susah. Meskipun sudah berobat ke banyak dokter didalam dan diluar negri yg tentunya menghabiskan banyak uangnya, tetapi kesehatannya sampai sekarang tidak kunjung sembuh dan menjadi seorang yg kecanduan minum berbagai obat-obatan termasuk obat tidur.

Untuk itu, yg penting kita miliki dalam kehidupan kita adalah hati yg selalu bersyukur kepada Tuhan. Apapun kebajikkan, kemurahan dan berkat yg Tuhan sudah sediakan bagi kita setiap harinya, sedikit atau banyak, terimalah itu dg rela hati dan tidak mengomel. Janganlah di satu pihak kita terus memaksakan diri utk mencari uang agar bertambah banyak hartanya, tetapi dilain pihak kita harus mengabaikan keluarga kita.

Itu berarti kita telah melupakan hakekat hidup yg Tuhan inginkan bagi kita.


Kita tidak perlu ngoyo, tetapi bangunlah karir kita, usaha kita, rumah tangga kita dll bersama Tuhan. Misalnya, kalau kita bekerja keras, janganlah sampai melampaui batas. Sebab untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktunya tidur, ada waktunya bangun, ada waktunya makan, bekerja/ berusaha, ada waktunya beristirahat & bergembira berkumpul dg keluarga dll. Dengan melakukan semua ini, maka Tuhan akan memberkati kita umatNya yg dicintaiNya, pada waktu tidur. (Mazmur 127:1-2) Itulah suatu kehidupan yg diinginkan Tuhan, yakni yg seimbang dan berkenan kepadaNya.


Doa kami:
Tuhan Yesus yg baik, terima kasih utk pengajaranMu dan firmanMu, agar dengan demikian hidup kami dapat menjadi seimbang dan berkenan kepada Tuhan. Amin

 
 

0 comments so far:
-->

Copyright 2012 Persekutuan Doa Air Hidup | Halaman ini adalah ruang maha kudus Tuhan, dimana kita menikmati hadiratNya, firmanNya, kasihNya, kuasaNya, berkatNya, didikanNya, pimpinanNya, penghiburanNya, perlindunganNya dan segalaNya. Jadi bukanlah halaman untuk berbinis atau segala macam bentuk kegiatan duniawi. Tuhan berkati. Amin